Identifikasi Masalah dalam PTK
Apabila dalam kelas terjadi suatu kondisi yang tidak diharapkan, maka dapat dipastikan telah terjadi suatu masalah, misalnya pembelajaran yang tidak kondusif ketika pembelajaran sedang berlangsung atau tidak memahami pertanyaan atau jawaban yang dikemukakan seseorang .Ini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan fokus masalah.
Fokus masalah yang telah ditemukan kemudian ditelusuri lebih detail dan lebih terperinci. Oleh Rochiati W, beberapa pertanyaan yang dapat diajukan sebagai bahan pengembangan untuk mengidentifikasi masalah, yaitu:
Untuk membantu seorang peneliti dalam mengidentifikasi masalah maka bantuan sumber data sangat diperlukan dan sesuai dengan apa yang diamati, sumber data dapat berupa hasil belajar siswa, pengajar mengenai pembelajaran siswa di kelas (pengamatan langsung), dsbg.
Fokus masalah yang telah ditemukan kemudian ditelusuri lebih detail dan lebih terperinci. Oleh Rochiati W, beberapa pertanyaan yang dapat diajukan sebagai bahan pengembangan untuk mengidentifikasi masalah, yaitu:
- Apakah dengan fokus masalah tersebut seorang peneliti (pengajar) dapat memperbaikinya?
- Apakah orang lain juga merasakan hal yang kurang tersebut?
- Apakah pengajar merasa kebingungan dengan apa yang ditemukan?
- Apakah pengajar semakin termotivasi untuk mencari solusi permasalah tersebut?
Untuk membantu seorang peneliti dalam mengidentifikasi masalah maka bantuan sumber data sangat diperlukan dan sesuai dengan apa yang diamati, sumber data dapat berupa hasil belajar siswa, pengajar mengenai pembelajaran siswa di kelas (pengamatan langsung), dsbg.
Leave a Comment