Inovasi dalam Pembelajaran
Proses Belajar Mengajar atau disingkat dengan istilah PBM, sebuah istilah yang cukup familiar dalam dunia pendidikan, kemudian istilah tersebut berubah menjadi Pembelajaran pada beberapa tahun terakhir ini. Istilah PBM dan Pembelajaran sebuah istilah yang berbeda tetapi memiliki makna yang sama atau disamakan maknanya.
Pergeseran istilah dari proses belajar mengajar (PBM), belajar, mengajar, ke pembelajaran merupakan dampak (salah satunya) adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak mendorong dan mengilhami terhadap inovasi di bidang model-model pembelajaran.
Inovasi pembelajaran diartikan sebagai suatu ide atau metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang/masyarakat baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran.
Ada beberapa anggapan bahwa inovasi pembelajaran lebih banyak dipengaruhi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini tidak dapat dibenarakan sepenuhnya karena inovasi pembelajaran bukan hanya hal-hal yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan jauh sebelum perkembangan TIK sepesat ini, inovasi pembelajaran sudah jauh berlangsung, seperti yang dilakukan oleh Bobby DePorter pada tahun 1992 melalui inovasi pembelajaran kuantum, inovasi pembelajaran kompetensi yang beranggapan bahwa pengetahuan dalam kepala siswa tidaklah kosong, inovasi pembelajaran konstektual sebuah pendekatan yang menonjolkan keaktifan siswa dalam melakukan sesuatu.
Sedangkan inovasi pembelajaran kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berorientasi pada pemanfaatan jaringan internet dan aplikasi teknologi itu sendiri.
Pertanyannya, sudahkan inovasi itu kita lakukan dalam pembelajaran?
Pergeseran istilah dari proses belajar mengajar (PBM), belajar, mengajar, ke pembelajaran merupakan dampak (salah satunya) adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak mendorong dan mengilhami terhadap inovasi di bidang model-model pembelajaran.
Inovasi pembelajaran diartikan sebagai suatu ide atau metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang/masyarakat baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran.
Ada beberapa anggapan bahwa inovasi pembelajaran lebih banyak dipengaruhi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini tidak dapat dibenarakan sepenuhnya karena inovasi pembelajaran bukan hanya hal-hal yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan jauh sebelum perkembangan TIK sepesat ini, inovasi pembelajaran sudah jauh berlangsung, seperti yang dilakukan oleh Bobby DePorter pada tahun 1992 melalui inovasi pembelajaran kuantum, inovasi pembelajaran kompetensi yang beranggapan bahwa pengetahuan dalam kepala siswa tidaklah kosong, inovasi pembelajaran konstektual sebuah pendekatan yang menonjolkan keaktifan siswa dalam melakukan sesuatu.
Sedangkan inovasi pembelajaran kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berorientasi pada pemanfaatan jaringan internet dan aplikasi teknologi itu sendiri.
Pertanyannya, sudahkan inovasi itu kita lakukan dalam pembelajaran?
Leave a Comment