Memahami Strategi Pembelajaran

Atmosfer dunia pendidikan di Indonesia semakin mengalami perubahan, perubahan ini sebagiab besar dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Akibatnya, tantangan yang dihadapi oleh para penggeliat pendidikan semakin besar.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini memberikan dampak yang baik dan tentunya juga dampak yang kurang baik bagi dunia pendidikan terutama jika menyangkut tentang penyalahgunaan yang terjadi di lingkungan peserta didik. Karenanya dalam proses pembelajaran di sekolah seorang tenaga pendidik haruslah aktif dalam mengikuti perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi dan kemudian memikirkan strategi pembelajaran yang baik untuk peserta didiknya.

Strategi dalam kegiatan pembelajaran dapat diartikan secara sempit yaitu cara yang dilakukan dalam pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri, sedangkan dalam arti luas strategi pembelajaran menurut Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmum, 2003) mengartikan strategi pembelajaran sebagai  diartikan sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. 
  2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling  efektif untuk mencapai sasaran. 
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan ditempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran. 
  4. Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha. 
Jika kita terapkan dalam konteks pembelajaran, keempat unsur tersebut adalah: 
    • Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik. 
    • Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif. 
    • Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran. 
    • Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan. 

    Sedangkan menurut Dick dan Carey (1985) menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar siswa.

    Lain halnya oleh Kemp (Wina Senjaya, 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Selanjutnya, dengan mengutip pemikiran J. R David, Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. 

    Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3 jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni: 
    1. Strategi pengorganisasian pembelajaran,
    2. Strategi penyampaian pembelajaran, 
    3. Strategi pengelolaan pembelajaran. 

    Tidak ada komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.