Model Blended Learning
Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah upaya memanfaatkan kemajuan TIK untuk mendukung proses pembelajaran. TIK berperan sebagai alat bantu bukan sebagai subyek utama dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran berbasis TIK, TIK berperan sebagai media penghubung untuk menyampaikan transfer ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik.
Dua unsur penting dalam proses transfer ilmu pengetahuan tersebut yaitu unsur media dan pesan yang disampaikan melalui media tersebut. Unsur media menggambarkan TIK sebagai jaringan infrastruktur yang menghubungkan pendidik dengan peserta didik, sedangkan unsur pesan menggambarkan konten pembelajaran digital.
Pembelajaran berbasis TIK, tidak menghilangkan konteks awal pembelajaran yang berlangsung secara tatap muka di dalam ruang kelas melainkan melalui beberapa tahapan sesuai kondisi sekolah. Beberapa tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK yang dapat dijadikan dasar penerapannya sebagai berikut:
Tahapan-tahap di atas dapat dilakukan secara terpisah sesuai dengan kemampuan SDM sekolah serta dukungan infrastruktur yang tersedia di sekolah tersebut. Pada kajian berikutnya akan dijelaskan disertai sintaks penerapan pembelajaran berbasis TIK.
Dua unsur penting dalam proses transfer ilmu pengetahuan tersebut yaitu unsur media dan pesan yang disampaikan melalui media tersebut. Unsur media menggambarkan TIK sebagai jaringan infrastruktur yang menghubungkan pendidik dengan peserta didik, sedangkan unsur pesan menggambarkan konten pembelajaran digital.
Pembelajaran berbasis TIK, tidak menghilangkan konteks awal pembelajaran yang berlangsung secara tatap muka di dalam ruang kelas melainkan melalui beberapa tahapan sesuai kondisi sekolah. Beberapa tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK yang dapat dijadikan dasar penerapannya sebagai berikut:
- Pembelajaran berbasis TIK sebagai pelengkap
- Pembelajaran berbasis TIK sebagai komplemen
- Pembelajaran berbasis TIK sebagai hybrid
- Pembelajaran berbasis TIK sebagai infuse
Tahapan-tahap di atas dapat dilakukan secara terpisah sesuai dengan kemampuan SDM sekolah serta dukungan infrastruktur yang tersedia di sekolah tersebut. Pada kajian berikutnya akan dijelaskan disertai sintaks penerapan pembelajaran berbasis TIK.
Leave a Comment